PENGARUH CIRCUIT TRAINING TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS X YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMK 2 MUHAMMADIYAH MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN

Diky Fitra Aryanto (2016) PENGARUH CIRCUIT TRAINING TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS X YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMK 2 MUHAMMADIYAH MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa akan pentingya kebugaran jasmani bagi olahraga pencak silat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh circuit training terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas X yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat SMK 2 Muhammadiyah Moyudan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 23 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu population sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lari 12 menit. Teknik analisis data menggunakan uji-t before-after (sebelum-sesudah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan circuit training terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas X yang mengikuti ekstrakurikuler pencaksilat di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Apabila dilihat dari rerata pretest sebesar 1481,217 dan rerata posttest sebesar 1881,478 maka diperoleh angka Mean Difference sebesar 400,261, hal ini menunjukkan bahwa latihan circuit training terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas X yang mengikuti ekstrakurikuler pencaksilat di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan memberikan perubahan yaitu lebih baik 27,02% dibandingkan sebelum diberikan latihan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : circuit training, kebugaran jasmani, pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:18
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38083

Actions (login required)

View Item View Item