PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG PERCA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MORAL ANAK KELOMPOK B3 DI TK PKK SENDANGAGUNG MINGGIR SLEMAN

Wening Endah, Subekti (2016) PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG PERCA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MORAL ANAK KELOMPOK B3 DI TK PKK SENDANGAGUNG MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_Wening Endah Subekti_12111241016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan moral anak Kelompok B3 di TK PKK Sendangagung Minggir Sleman menggunakan metode bercerita dengan media wayang perca. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok B3 TK PKK Sendangagung, terdiri dari 10 perempuan dan 5 laki-laki. Objek penelitian ini adalah pengetahuan moral. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan lembar observasi serta catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dari 15 anak yaitu 12 anak yang mencapai kriteria baik. Hasil dari penelitian ini adalah metode bercerita dengan media wayang perca dapat meningkatkan pengetahuan moral anak Kelompok B3 di TK PKK Sendangagung. Tahapan tindakan yang dilakukan antara lain: (1) Menyiapkan cerita, tokoh wayang perca, properti dan pengkondisian anak; (2) Tokoh wayang perca dan properti dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan moral melalui bercerita, anak dilibatkan dalam proses tanya jawab dan pemberian kesempatan memerankan wayang perca; dan (3) Guru memberikan reward sebagai penguatan pada anak. Adapun keberhasilan penelitian ini dapat diketahui sebagai berikut: (1) Pra Tindakan terdapat 5 anak (33,33%) yang mencapai kriteria baik, (2) Siklus I terdapat 1 anak (06,67%) yang mencapai kriteria sangat baik dan 9 anak (90%) mencapai kriteria baik, (3) Siklus II terdapat 7 anak (46,67%) yang mencapai kriteria sangat baik dan 5 anak (33,33%) yang mencapai kriteria baik. Kata kunci: metode bercerita, wayang perca, pengetahuan moral anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38081

Actions (login required)

View Item View Item