LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. RW. Monginsidi No. 2 Telp. (0274) 513503 Fax (0274) 513503 Yogyakarta Website: www.smkn3jogja.sch.id e-mail humas@smkn3jogja.sch.id

Hanifah Fasiyani, Hanifah Fasiyani (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. RW. Monginsidi No. 2 Telp. (0274) 513503 Fax (0274) 513503 Yogyakarta Website: www.smkn3jogja.sch.id e-mail humas@smkn3jogja.sch.id. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTI_11520244007_HanifahFasiyani.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang Strata 1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta sebagai bekal untuk dapat terjun ke masyarakat sebagai bagian dari dunia kependidikan. Kegiatan ini dilangsungkan di sekolah atau lembaga kependidikan formal maupun non formal selama kurang lebih dua setengah bulan. Kegiatan yang tercakup didalamnya adalah pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dan mandiri. Salah satu sekolah yang dijadikan sebagai sasaran pelaksanaan PPL adalah SMK Negeri 3 Yogyakarta. Didalamnya terdapat delapan kompetensi keahlian, salah satunya adalah kompetensi keahlian Multimedia. Penyerahan mahasiswa PPL dilakukan pada bulan Februari 2014 yang dilanjutkan dengan observasi pra-PPL sebagai pedoman dalam pembuatan program kerja PPL. Kegiatan PPL meliputi observasi pra-PPL, pembuatan administrasi guru, pembuatan media pembelajaran serta praktik mengajar mandiri dan terbimbing. Pembuatan RPP dan Jobsheet dilakukan untuk satu tahun pelajaran agar ketika mahasiswa telah selesai melaksanakan kegiatan PPL, guru mata pelajaran dapat melanjutkan materi pembelajaran tanpa perlu mengatur ulang pembagian materi pelajaran. Pelaksanaan praktik mengajar mandiri dan terbimbing untuk kompetensi keahlian Multimedia berlangsung sejak tanggal 9 Agustus sampai 11 Oktober 2014 di kelas X Multimedia, setiap hari Sabtu pada jam pertama hingga jam keempat. Secara keseluruhan, pelaksanaan PPL di SMK Negeri 3 Yogyakarta berjalan dengan lancar. Hambatan yang ditemui hanya pada kurang disiplinnya siswa dalam mengumpulkan laporan, sehingga siswa perlu untuk selalu diingatkan dalam mengerjakan laporan. Hasil dari kegiatan PPL ini adalah, mahasiswa memiliki bekal keterampilan yang dapat diterapkan untuk dapat bermasyarakat dan terjun dalam dunia kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL juga terdapat evaluasi, kritik serta saran yang bertujuan agar pelaksanaan PPL pada tahun selanjutnya dapat lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Negeri 3 Yogyakarta, Multimedia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:09
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38080

Actions (login required)

View Item View Item