EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DENGAN ADOBE FLASH DI SMK 1 PIRI YOGYAKARTA

Wijaya, Chandra (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DENGAN ADOBE FLASH DI SMK 1 PIRI YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
CHANDRA WIJAYA 06503241014.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DENGAN ADOBE FLASH DI SMK 1 PIRI YOGYAKARTA Oleh Chandra Wijaya 06503241014 Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Mekanika Teknik dengan Adobe Flash, sedangkan tujuan khususnya adalah untuk: (1) Mengetahui pengetahuan siswa sebelum diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash, (2) Mengetahui pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash, (3) Mengetahui peningkatan pengetahuan siswa setelah diberi pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash, dan (4) Mengetahui perbedaan pengetahuan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash dengan siswa yang tidak diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 1 Piri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah“Tes Pengetahuan” dan akan dilakukan 2 kali, tes pertama adalah Pre-Test digunakan untuk mengetahui pengetahuan awal dan tes kedua adalah Post-Test digunakan untuk mengetahui pengetahuan akhir setelah mendapat perlakuan dari masingmasing kelompok.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis butir dengan pendekatan teori klasik untuk analisis butir soal dan analisis deskriptif kuantitatif untuk analisis data.Teknik analisis deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa akibat pengaruh penggunaan media pembelajaran Adobe Flash. Teknik analisis kuantitatif membandingkan dua kelompok sampel, yakni antar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menggunakan analisis rerata. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengetahuan siswa sebelum diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash mempunyai nilai rata-rata sebesar 49,38, (2) Pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash mempunyai nilai rata-rata sebesar 74,21, (3) Peningkatan pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran sebesar 11,12 atau sekitar 24,83%, dan (4) Ada perbedaan pengetahuan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash dengan siswa yang tidak menggunakan media Adobe Flash.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:04
Last Modified: 30 Jan 2019 10:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38078

Actions (login required)

View Item View Item