LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Wahyu Privantoro, Wahyu Privantoro (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 3 YOGYAKARTA. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
PTElektronika_13502247002_WahyuPrivantoro.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, yang pelaksanaannya dilakukan di sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan administrasi manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang professional, sehingga dapat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2014 adalah SMK Negeri 3 Yogyakarta yang beralamat di Jalan RW. Monginsidi No 2 Yogyakarta. Kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 Oktober 2014. Ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pertama kegiatan praktik mengajar yang dimulai dengan pengajaran mikro, pembekalan, observasi kelas, bimbingan dengan guru pembimbing, pembuatan persiapan mengajar sampai pada tahap pelaksanaan yang meliputi praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, evaluasi dan penilaian. Kegiatan yang kedua adalah praktik persekolahan yang memberikan kesempatan kepada praktikan untuk mengenal administrasi manajerial sekolah yang meliputi piket KBM, Perpustakaan, Kurikulum, Tata Usaha, Kesiswaan dan BK. Kegiatan PPL di SMK Negeri 3 Yogyakarta secara kesulurahan berjalan dengan baik. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikkan memperoleh yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama pengalaman dalam mengajar di kelas. Dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut tidak pernah lepas dari hambatanhambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak baik sekolah maupun universitas maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama yang baik dengan SMK Negeri 3 Yogyakarta, agar kegiatan PPL di masa mendatang menjadi lebih baik dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa, dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:57
Last Modified: 01 Aug 2016 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38072

Actions (login required)

View Item View Item