UPAYA PERBAIKAN PERILAKU KERJA SISWA MELALUI BIMBINGAN PRAKTIK PADA MAPEL PENGELASAN DASAR KELAS I SMa KELAS 1 PIRI I BACIRO

Sanjaya, Caesar Wira (2016) UPAYA PERBAIKAN PERILAKU KERJA SISWA MELALUI BIMBINGAN PRAKTIK PADA MAPEL PENGELASAN DASAR KELAS I SMa KELAS 1 PIRI I BACIRO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
CAESAR WIRA SANJAYA 06503244022.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

UPAYA PERBAIKAN PERI BIMBINGAN PRAKTIK PA DASAR KELAS I SM Penyusun : Caesar Wira Sanjaya / NIM. 06503244022 Pembimbing : Dr. Moch. Alip, MA. Penelitian ini bertujuan untuk A (Sepeda Motor A), mata pelajaran Pemesinan SMK PIRI Sleman itu, melalui penelitian ini ingin mengetahui permasalahan yang timbul, menyangkut perilaku siswa selama proses pembelajaran. adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan melakukan intervensi dan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, tindakan da pengamatan, serta refleksi. Hasil catatan lapangan dan lembar dianalisis untuk mengetahui perbaikan perilaku untuk tiap siklus pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk deskripsi, sedangkan data angka-angka akan disajikan kemudian dianalisis seca Dari hasil dan pembahasan penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa bimbingan praktik dapat dilakukan dengan beberapa cara dan metode, antara lain: 1) Pemberian bimbingan yang bersifat informatif berupa penjelasan dan demonstrasi terkait materi praktik individu maupun kelompok edukatif, seperti menghukum siswa untuk memberikan demonstrasi di depan teman-temannya, 4) Pemberian penguatan berupa saran Tanya jawab dengan siswa seputar kegiatan praktik yang telah dilaksanakan Kata Kunci : Bimbingan Praktik, Pengelasan Dasar, Perilaku Kerja Siswa PERILAKU KERJA SISWA MELALUI PADA MATA PELAJARAN PENGELASAN SM-A PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK PIRI SLEMAN ABSTRAK memperbaiki perilaku kerja siswa kelas I SM Pengelasan Dasar Program Keahlian Teknik melalui penerapan bimbingan praktik. Disamping Jenis penelitian ini model kolaboratif, dimana peneliti check list bersifat induktif dengan tahapan reduksi data, data-data kuantitatif yang berupa secara kuantitatif. ateri praktik, 2) Pemberian nasihat dan ceramah, baik secara kelompok, 3) Pemberian teguran dan sanksi yang bersifat dan apresiasi ALUI NGELASAN EKNIK SMPengelasan ui dan kemudian apresiasi, dan 5) dilaksanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 10:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38066

Actions (login required)

View Item View Item