LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W. Monginsidi No. 2A, Telp. 0274 – 513503

Ismiati Azizah, Ismiati Azizah (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W. Monginsidi No. 2A, Telp. 0274 – 513503. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTElektro_11501241040_Ismiati Azizah.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program yang wajib ditempuh oleh mahasiswa yang mengambil studi dibidang kependidikan untuk memberikan pengalaman lapangan berupa praktik mengajar. PPL dilaksanakan kurang lebih selama tiga setengah bulan dari tanggal 2 Juli sampai dengan 17 Oktober 2013 dengan waktu efektif sekitar dua setengah bulan di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang beralamat lengkap di Jalan Wolter Monginsidi No.2A, Yogyakarta. SMK Negeri 3 Yogyakarta atau yang sering disebut ‘Skagata’ berdiri di lahan dengan luas kurang lebih 4 hektar. SMK Negeri 3 Yogyakarta memiliki delapan program studi keahlian yang terbagi menjadi beberapa kompetensi keahlian, yaitu Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan, Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Audio dan Video, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Multimedia, serta Teknik Komputer dan Jaringan. Secara umum SMK Negeri 3 Yogyakarta memilki sarana dan fasilitas pendidikan yang cukup lengkap dalam menunjang aktifitas kegiatan belajar mengajar. Dengan dilaksanakannya program PPL, mahasiswa dapat terjun langsung ke lapangan untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah sesuai dengan program studi atau konsentrasi masing-masing, selain itu, mahasiswa dapat berhadapan langsung dengan permasalahan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di sekolah, baik itu mengenai proses pembelajaran, administrasi sekolah maupun administrasi pendidikan. Hal ini tentu membantu mahasiswa dalam proses pencarian jati diri sebagai seorang calon pendidik. Kegiatan yang telah dilakukan selama Pratik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 3 Yogyakarta yaitu : Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, praktik mengajar terbimbing dan mandiri, mempelajari dan melaksanakan adminstrasi guru dan evaluasi pembelajaran. Secara keseluruhan pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berjalan dengan lancar. Walaupun pada praktiknya ada beberapa kendala yang dialami tetapi kendala tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama dibidang pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:24
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38049

Actions (login required)

View Item View Item