PROFIL KONDISI FISIK MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEOLAHRAGAAN TAHUN ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Billy Damara (2016) PROFIL KONDISI FISIK MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEOLAHRAGAAN TAHUN ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Billy Damara_12603141007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kondisi fisik merupakan kemampuan memfungsikan organ-organ tubuh dalam melakukan aktivitas fisik. Kondisi fisik yang baik sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa dalam menjalankan proses perkuliahan, terutama dalam menjalankan mata kuliah praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan tahun angkatan 2014 Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan tahun angkatan 2014 Universitas Negeri Yogyakarta, dengan jumlah 48 mahasiswa, terdiri atas 38 mahasiswa lakilaki dan 10 mahasiswa perempuan. Pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Instrumen yang digunakan adalah pengukuran komposisi tubuh dengan alat omron body fat monitor, tes kecepatan dengan tes sprint 60 meter, tes kelincahan dengan illionis agility run test, tes koordinasi dengan lempar tangkap bola tennis, tes keseimbangan dengan strock standing balance test, tes fleksibilitas dengan sit and reach test, tes daya tahan dengan multistage fitness test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kondisi fisik mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan tahun angkatan 2014 Universitas Negeri Yogyakarta untuk kelompok mahasiswa laki-laki dalam kategori “sangat baik” sebesar 5,3% (2 mahasiswa), kategori “baik” sebesar 23,7% (9 mahasiswa), kategori “cukup” sebesar 39,5% (15 mahasiswa), kategori “kurang” sebesar 18,4% (7 mahasiswa), dan kategori “sangat kurang” sebesar 13,2% (5 mahasiswa), sedangkan untuk kelompok mahasiswa perempuan dalam kategori “sangat baik” sebesar 20% (2 mahasiswa), kategori “baik” sebesar 20% (2 mahasiswa), kategori “cukup” sebesar 30% (3 mahasiswa), kategori “kurang” sebesar 20% (2 mahasiswa), dan kategori “sangat kurang” sebesar 10% (1 mahasiswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Profil kondisi fisik, Mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan tahun angkatan 2014 Universitas Negeri Yogyakarta.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Aug 2016 08:43
Last Modified: 30 Jan 2019 10:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38044

Actions (login required)

View Item View Item