LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015 02 Juli – 17 Oktober 2014

Danu Pradipto, Danu Pradipto (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015 02 Juli – 17 Oktober 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTElektro_10501244033_DanuPradipto.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaiakan program studi sarjana kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari kegiatan PPL itu sendiri yang utama adalah mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman mengajar yang sebenarnya setelah sebelumnya mengikuti mata kuliah Pengajaran Mikro. Selain itu, juga untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam hal mengenali sekolah tempat praktik PPL, membuka-menutup pelajaran, memberikan pelajaran dengan variasi model pembelajaran, melakukan interaksi dan melaksanakan RPP, menjelaskan dan memberi penguatan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, penggunaan bahasa, penampilan dan gerak, penggunaan waktu, melaksanakan evaluasi dan menganalisis hasil prestasi belajar peserta didik, serta menganalisis penilaian pelaksanaan PPL oleh peserta didik yang telah diberikan pengajaran selama proses PPL berlangsung. Dalam kegiatan PPL tahun ini mahasiswa PPL mendapat kesempatan praktik mengajar di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang ber-alamat di Jl. R.W. Monginsidi No. 2A Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal 02 Juli – 17 Oktober 2014. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh mahasiswa selama melaksanakan PPL. Tahapan pertama terdiri dari pembekalan PPL, Pembelajaran Mikro, hingga Observasi Kelas. Tahapan kedua terdiri dari kegiatan pembuatan Recana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Praktik Mengajar di kelas X TL 2 serta pembuatan adminitrasi pendidik mahasiswa PPL. Tahapan Ketiga yang dilakukan mahasiswa PPL terdiri dari melakukan pelaksanaan evaluasi, menganalisis hasil prestasi belajar peserta didik, dan penilaian pelaksanaan mahasiswa PPL oleh peserta didik melalui penyebaran angket serta pembuatan laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Hasil akhir pelaksanaan kegiatan PPL, bahwa SMK Negeri 3 Yogyakarta berada dilokasi yang cukup strategis dan memilik banyak fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar peserta didik di sekolah. Pelaksanaan proses praktik PPL sudah terlaskana dengan baik. Selama pelaksanaan proses praktik PPL telah melaksanakan 10 kali pertemuan dan membuat 7 buah RPP dengan ketentuan satu RPP digunakan untuk satu atau dua kali pertemuan. Selain itu, juga membuat jobsheet praktikum sebanyak 4 buah jobsheet praktikum. Hasil prestasi belajar siswa dari indikator pencapaian belajar kelas X TL 2 rata-rata nilai akhir peserta didik adalah 77,10. Sedangkan hasil penilaian pelaksanaan PPL oleh peserta didik adalah sebagai berikut : penilaian pelaksanaan PPL oleh peserta didik kelas X TL 2 mendapatkan nilai 72,70.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: RPP, PPL SMK N 3 Yogyakarta, Penilaian
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38042

Actions (login required)

View Item View Item