PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN BAGI GURU-GURU BAHASA JERMAN DIY DAN JATENG

Yati Sugiarti, M. Hum PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN BAGI GURU-GURU BAHASA JERMAN DIY DAN JATENG. INOTEK.

[img] Text
naskah_publikasi_PPM.doc

Download (84kB)

Abstract

Workshop Penyusunan Modul Pembelajaran Keterampilan Membaca teks Bahasa Jerman bagi Guru-Guru Bahasa Jerman DIY dan Jateng bertujuan memberikan wawasan pengetahuan yang terkini berkaitan dengan hakikat keterampilan membaca bagi guru-guru bahasa Jerman, memberikan pelatihan bagi guru bahasa Jerman untuk menyusun modul pembelajaran keterampilan membaca yang dapat dimanfaatkan untuk melengkapi proses belajar mengajar bahasa Jerman di SMA /SMK. Untuk mencapai tujuan workshop maka diadakan program pendahuluan sebagai upaya untuk membekali para peserta workshop baik secara teori maupun praktis. Secara teoritis para peserta mendapatkan materi tentang hakikat membaca dan strategi atau keterampilan membaca. Materi yang disampaikan kepada peserta adalah strategi membaca dengan detailes Lesen, selektives Lesen, globales Lesen. Detailes Lesen adalah membaca untuk memahami secara detail tiap bagian yang terdapat dalam teks, selektives Lesen adalah membaca sekilas suatu teks hingga menemukan infirmasi tertentu yang dicari, globales Lesen membaca teks secara keseluruhan untuk memahami secara global isi teks tersebut. Secara praktis materi yang disampaikan adalah bagaimana cara membuat dan menyusun modul membaca. Hasil dari kegiatan workshop ini adalah secara teoritis peserta mendapatkan wawasan dan ilmu tentang strategi atau keterampilan membaca. Secara praktis peserta dapat menyusun lima bahan dasar modul membaca teks bahasa Jerman.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 09 Aug 2012 08:01
Last Modified: 02 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3804

Actions (login required)

View Item View Item