Susanto, Arif (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TEKNIK PENGECORAN LOGAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PENGECORAN LOGAM DI SMK N 2 KLATEN. S1 thesis, U N Y.
|
Text
ARIF SUSANTO 09503247010.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TEKNIK PENGECORAN LOGAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PENGECORAN LOGAM DI SMK N 2 KLATEN Oleh : Arif Susanto 09503247010 Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran, mengetahui prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran dan mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran dan prestasi belajar siswa yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 2 Klaten. Sampel dipilih dengan cara sampling purposive yaitu 32 siswa kelas X PL-A sebagai kelas kontrol dan kelas X PL-B sebagai kelas eksperimen. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan teknik tes. Sebelum diberi perlakuan siswa diberi pretest. Selanjutnya siswa diberi perlakuan. Kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran tanpa menggunakan modul pembelajaran sedangkan kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran. Setelah diberi perlakuan siswa diberi posttest. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah Analisis Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan perolehan rata-rata nilai posttest kelas ekperimen lebih tinggi dari pada perolehan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 75,41 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 70,38. Dari hasil analisis Uji-t nilai thit = 5,716 dan tt5%(1,62) = 2,000. Besarnya thit lebih besar dari tt5%(1,54) yang berarti ditolak dan diterima, sehingga ada perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran tanpa menggunakan modul pembelajaran dan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran. Kata kunci: Pengaruh, Modul Teknik Pengecoran Logam, Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 02:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |