Keefektifan Model Problem Based Learning, Project Based Learing dan Inquiry dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SMP Di Kabupaten Bantul

Septiantoko, Riko (2016) Keefektifan Model Problem Based Learning, Project Based Learing dan Inquiry dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SMP Di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riko-septiantoko-14705152021.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Inquiry di SMP Kabupaten Bantul, (2) hasil belajar siswa yang belajar dengan model Inquiry dengan model Problem Based Learning di SMP Kabupaten Bantul, (3) hasil belajar siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning dengan model Project Based Learning di SMP Kabupaten Bantul. (4) hasil belajar siswa yang belajar dengan model Inquiry dengan model Project Based Learning di SMP Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment yang dilakukan di Kabupaten Bantul, dengan populasi 6 SMP Negeri yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Sebagai sampel penelitian adalah SMP Negeri 1 Imogiri, SMP Negeri 1 Sewon, dan SMP Negeri 3 Bantul yang dipilih secara Purposive Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Validitas instrumen dalam penelitian ini diukur dengan validitas isi dan validitas konstruk dari tim ahli. Reliabilitas dihitung dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorof Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene-Test. Teknik analisis data menggunakan One way Anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara belajar IPS dengan model Problem Based learning, Project Based Learning, dan Inquiry, dengan rerata hasil belajar aspek pengetahuan 77,25≠75,31≠80,21, aspek sikap 3,37≠3,29≠ 3,52, dan aspek ketrampilan 3,40≠2,90≠ 3,41; (2) hasil belajar siswa dengan model Inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan model Problem Based Learning, diperoleh rerata hasil belajar aspek pengetahuan 80,21>77,35, aspek sikap 3,52>3,37, aspek keterampilan 3,41>3,40 dengan nilai signifikansi 0,005<0,05; (3) hasil belajar siswa dengan model Problem Based Leaning lebih tinggi dibandingkan dengan model Project Based Learning, diperoleh rerata hasil belajar aspek pengetahuan 77,25>75,31, aspek sikap 3,37>3,29, dan aspek keterampilan 3,40>2,90; (4) Hasil belajar siswa yang belajar dengan model Inquiry lebih tinggi dibandingkan yang belajar dengan model Project Based Learning diperoleh rerata hasil belajar aspek pengetahuan 80,21>75,31, aspek sikap 3,52>3,29, dan aspek ketrampilan 3,41>2,90

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem Based learning, Project Based Learning, Inquiry, Hasil Belajar IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:11
Last Modified: 09 May 2019 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38037

Actions (login required)

View Item View Item