PENGARUH PERMAINAN TARGET TERHADAP KETEPATAN BACKHAND SERVICE BULUTANGKIS PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI SMP IT LUKMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL

Husni Ridwan Fianquri (2016) PENGARUH PERMAINAN TARGET TERHADAP KETEPATAN BACKHAND SERVICE BULUTANGKIS PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI SMP IT LUKMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Husni Ridwan_PJKR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ketepatan backhand service peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMP IT Lukman Al-Hakim Internasional yang relatif kurang akurat. Hal ini dikarenakan belum adanya metode latihan khusus yang dapat meningkatkan antusiasme siswa ketika mengikuti latihan, khususnya metode latihan servis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan target terhadap ketepatan backhand service peserta ekstrakurikuler di SMP IT Lukman Al-Hakim Internasional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen one group pretest-posttest design dengan perlakuan sebanyak 12 kali. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMP IT Lukman Al-Hakim Internasional sebanyak 22 siswa. Kemampuan servis diukur menggunakan instrumen kemampuan backhand service oleh James Poole (1986:24). Teknik analisis data menggunakan analisis uji t dan sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai thitung 18,585, ttabel 2,079 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai rerata hasil pretest sebesar 12,82 sedangkan rerata hasil posttest naik menjadi 20,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan permainan target terhadap ketepatan pukulan backhand service peserta ekstrakurikuler di SMP IT Lukman Al-Hakim Internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: backhand service, ketepatan, permainan target.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Aug 2016 08:43
Last Modified: 30 Jan 2019 10:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38035

Actions (login required)

View Item View Item