Kurniawan, Arief (2012) PENGARUH KEGIATAN OSIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Arief Kurniawan 06504241006.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menjadi pengurus OSIS dengan siswa yang tidak menjadi pengurus OSIS di SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 880 siswa yang terdiri dari siswa kelas 1 dan siswa kelas 2. karena anggota/unsurnya tidak homogen dan berstrata secara proporsional, maka digunakan tabel Isaac dan Michail tingkat kesalahan 5%, sehingga didapatkan jumlah sampel 251 siswa. Sampel tersebut terdiri dari 57 siswa yang menjadi pengurus OSIS dan 194 siswa yang tidak menjadi pengurus OSIS. Metode pengambilan data menggunakan metode angket dengan skala likert. Validitas instrumen ini menggunakan Expert Judgment dan korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas intrumennya menggunakan rumus Alpha Chronbach. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan t-test. Adapun langkah-langkah perhitungannya adalah menggunakan pengujian hipotesis dengan uji satu fihak/one tail test yaitu uji pihak kanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menjadi pengurus OSIS dengan siswa yang tidak menjadi pengurus OSIS di SMK Negeri 2 Wonosari. Siswa yang menjadi pengurus OSIS motivasi belajarnya lebih tinggi dari pada siswa yang tidak menjadi pengurus OSIS. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 8,98 lebih besar dari ttabel yang besarnya 1,645 (thitung 8,98 > ttabel 1,645).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 02:01 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 02:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38034 |
Actions (login required)
View Item |