LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W. Monginsidi 2A Yogyakarta Telp. 0274-513503

Ma’ruf Budi Laksana, Ma’ruf Budi Laksana (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R.W. Monginsidi 2A Yogyakarta Telp. 0274-513503. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN PPL COVER baru.doc

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (9MB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (36kB)

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta yang berlatar belakang Universitas Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sekaligus mencetak guru/tenaga pendidik yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai tenaga profesional pendidikan. Dalam menyiapkan tenaga pendidik, UNY meberikan pengetahuan, keterampilan dengan tiga aspek yang harus dimiliki seorang pendidik baik dari segi kepribadian, pendagogik, dan keprofesionalitas para mahasiswa kedalam proses belajar-mengajar pada mata kuliah pendidikan sehingga mampu memberikan bekal yang cukup menghadapi dunia kerja khususnya dibidang pendidikan atau bidang lain. Mata kuliah yang diselenggarakan meliputi mata kuliah teori, praktik dan mata kulaih lapangan. Salah satu contoh mata kuliah lapangan yang wajib lulus adalah PPL sebagai latihan kependidikan yang bersifat intrakulikuler. Karena pelaksanaan PPL yang langsung berinteraksi dengan peserta didik membutuhkan persiapan yang matang, maka pihak Universitas Negeri Yogyakarta memberi pembekalan khusus tentang pelaksanaan PPL. SMK Negeri 3 Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan R.W. Monginsidi 2A, Yogyakarta adalah lokasi yang digunakan untuk PPL mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta selama ± 3 bulan. Tujuan dari Praktik Pengalamaan Lapangan ini adalah memberikan pengalaman faktual tentang proses pembelajaran yang selanjutnya dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional.Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2014 sampai dengan 17 Oktober 2014. Dalam kegiatan PPL ini praktikan mengampu mata diklat Praktikum Teknologi dan Finishing Kayu, dan Konstruksi Kayu dengan tatap muka 2 kali seminggu. Tiap minggu praktikan mengajar selama 16 jam pelajaran, karena materi yang diajarkan praktek dan sebagian teori, ini dilakukan di Bengkel Kayu SMK N 3 Yogyakarta. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mahasiswa telah melaksanakan pembuatan rencana pembelajaran sebanyak 6 RPP, membuat materi pelajaran berupa modul, melakukan kegiatan praktik mengajar sebanyak 20 kali pertemuan, dan melakukan 1 kali evaluasi belajar untuk mata pelajaran Ilmu Bangunan. Dalam pelaksanaan praktik mengajar metode yang digunakan yaitu menggunakan ceramah, demonstrasi, asimilasi tanya jawab, praktek dan penugasan individu. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini dapat disimpulkan bahwa PPL merupakan media bagi mahasiswa untuk mentransfer ilmu pengetahuannya yang diperoleh dari lembaga pendidikan perguruan tinggi ke lembaga pendidikan sekolah menengah dan wadah untuk mahasiswa dalam penyusunan suatu program baik manajerial, administrasi maupun pengajaran. Untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Teknologi dan Finishing Kayu,Kons.Kayu, SMK N 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 01:58
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38032

Actions (login required)

View Item View Item