Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Kelas XI

Utami, Prabawati Budi (2016) Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Kelas XI. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-prabawati-budi-utami-14726251022.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul elektronik fisika berbantuan android untuk pembelajaran fisika SMA Kelas XI, (2) mengetahui kelayakan modul elektronik fisika berbantuan android yang dikembangkan untuk pembelajaran fisika SMA Kelas XI, dan (3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik SMA Kelas XI setelah menggunakan modul elektronik fisika berbantuan android. Jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian pengembangkan modul elektronik fisika berbantuan android menggunakan model dari Borg & Gall. Pengembangan modul elektronik tersebut dimulai dari pengumpulan informasi, perencanaan awal, pengembangan produk awal,validasi produk, revisi, uji coba lapangan awal, revisi uji coba awal, uji coba lapangan utama, revisi uji coba lapangan utama, dan diseminasi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar penilaian produk, lembar respon peserta didik, dan tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 3, 4, 5 SMA Negeri 1 Bantul. Responden dalam penelitian ini sebanyak 90 orang yang terdiri dari 6 orang penilai, 24 peserta didik pada uji coba lapangan awal dan 60 peserta didik pada uji coba lapangan utama. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif adalah Uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa (1) modul elektronik fisika berbantuan android yang mempunyai karakteristik sebagai berikut: (a) modul dioperasikan menggunakan smartphone android dengan tampilan full colour dan dilengkapi dengan animasi, video, sound effect, dan teks, (b) tampilan modul terdiri dari bagian sampul depan, daftar menu, kata pengantar, pendahuluan, petunjuk penggunaan, kompetensi, peta konsep, kegiatan pembelajaran (tujuan pembelajaran, uraian materi, contoh soal, evaluasi, dan kunci jawaban), rangkuman, daftar pustaka, glosarium, dan profil kreator; (2) modul elektronik fisika berbantuan android yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Hal ini ditinjau dari aspek materi dan media yang menunjukan bahwa produk dalam kategori sangat baik; (3) kemampuan berpikir kritis dan kreatif berdasarkan hasil rerata gain standard yang dihasilkan untuk kemampuan berpikir kritis sebesar 0,66 dan kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,65. Terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikansi < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa modul elektronik fisika berbantuan android dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas XI

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul elektronik, Android, Kemampuan berpikirkritis,Kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 01:50
Last Modified: 09 May 2019 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38025

Actions (login required)

View Item View Item