LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N3 YOGYAKARTA

Muhammad Fahrul Hadi, Muhammad Fahrul Hadi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1 COVER.docx

Download (46kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN PPL.docx

Download (1MB)
[img] Text
3 Kata Pengantar.docx

Download (22kB)
[img] Text
4. Daftar isi.docx

Download (21kB)
[img] Text
5. Abstrak.docx

Download (18kB)
[img] Text
6 Bab 1.docx

Download (488kB)
[img] Text
7 Bab 2.docx

Download (50kB)
[img] Text
8 Bab 3.docx

Download (46kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.docx

Download (15kB)
[img] Text
10. Lampiran.docx

Download (14kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yangwajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, yang pelaksanaannya dilakukan disekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepadamahasiswa dalam bidang pembelajaran dan administrasi manajerial di sekolah dalamrangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan danmemberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, danmenghayati permasalahan sekolah. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2014 adalah SMK Negeri 3 Yogyakarta yang beralamat di Jalan RW. Monginsidi No 2 Yogyakarta. Kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 Oktober 2014. Ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pertama kegiatan praktik mengajar yang dimulai dengan pengajaran mikro, pembekalan, observasi kelas, bimbingan dengan guru pembimbing, pembuatan persiapan mengajar sampai pada tahap pelaksanaan yang meliputi praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, evaluasi dan penilaian. Kegiatan PPL di SMK Negeri 3 Yogyakarta secara kesulurahan berjalan denganbaik. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikkan memperoleh yang belum pernahdiperoleh di perkuliahan, terutama pengalaman dalam mengajar di kelas.Dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut tidak pernah lepas darihambatan-hambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baikdari berbagai pihak baik sekolah maupun universitas maka segala hambatan dapatteratasi dengan mudah. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi olehpihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkanjalinan komunikasi dan kerjasama yang baik dengan SMK Negeri 3 Yogyakarta, agarkegiatan PPL di masa mendatang menjadi lebih baik dan menghasilkan sesuatu yangbermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa, dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 01:38
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38023

Actions (login required)

View Item View Item