Kemampuan Kepala Sekolah dalam Mengelola Konflik di Lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Wulandari, Hersanti (2016) Kemampuan Kepala Sekolah dalam Mengelola Konflik di Lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hersanti-wuladari-14703251039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) konflik yang sering terjadi di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (2) penyebab konflikyang terjadidi lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (3) kemampuan kepala sekolah dalam mengelola konflik di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan (4) pemberdayaan sumber daya sekolah dalam menyelesaikan konflik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Tempat penelitian yaitu SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Milles & Huberman melalui reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konflik yang terjadi di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta meliputi: konflik antar siswa, konflik antar siswa dengan guru, konflik organisasi, dan konflik siswa dengan pihak luar. (2) Penyebab konflik di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yaitu: sikap dan perilaku individu/kelompok, solidaritas yang berlebihan, permasalahan yang mengakar, provokasi, perbedaan persepsi. (3) Kemampuan kepala sekolah dalam mengelola konflik di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta menerapkan tiga strategi, yaitu stimulasi konflik, penekanan dan pengurangan konflik serta penyelesaian konflik. (4) Pemberdayaan sumber daya sekolah dalam menyelesaikan konflik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta melibatkan warga sekolah (guru, karyawan dan siswa) melalui rapat rutin dan pembuatan aturan tata-tertib sekolah. Pengelolaan sarana dan prasarana dengan pemasangan CCTV, pos satpam dan jembatan penghubung. Kerja sama dengan pihak luar yaitu pihak aparat Kepolisian

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kepala sekolah, konflik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 01:32
Last Modified: 20 Dec 2022 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38020

Actions (login required)

View Item View Item