Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perkoperasian dan Kepemimpinan Pengurus terhadap Partisipasi Anggota Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah

Galanti, Jusnawati Hi (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perkoperasian dan Kepemimpinan Pengurus terhadap Partisipasi Anggota Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jusnawati-hi-galanti-14719259002.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh kualitas pelayanan, pengetahuan perkoperasian dan kepemimpinan pengurus terhadap partisipasi anggota koperasi simpan pinjam (KSP) di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian mencakup seluruh anggota koperasi simpan pinjam yang berjumlah 806 orang. Sampel sebanyak 89 orang ditentukan dengan teknik proportional area random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji t dan uji F pada taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap partisipasi anggota dengan nilai thitung = 5,871, pada taraf signifikansi = 0,000; (2), variabel pengetahuan perkoperasian tidak berpengaruh terhadap partisipasi anggota dengan nilai thitung = 1,217, pada taraf signifikan = 0,227; dan (3) variabel kepemimpinan pengurus berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi anggota dengan nilai thitung= 2,108, taraf signifikansi = 0,038. Secara simultan variabel kualitas pelayanan, pengetahuan perkoperasian dan kepemimpinan pengurus berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi anggota dengan nilai Fhitung = 28,215, pada taraf signifikansi = 0,000 dan nilai Adjusted R Square (R2) = 0,481 (48,1%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: koperasi simpan pinjam, partisipasi anggota, kualitas pelayanan, kepemimpinan pengurus
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2016 01:26
Last Modified: 09 May 2019 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38017

Actions (login required)

View Item View Item