LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (GURU) TERHADAP LAYANAN UPT PENGELOLA TAMAN KANAKKANAK DAN SEKOLAH DASAR WILAYAH TIMUR

Endah Nur Iswati, Endah Nur Iswati (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (GURU) TERHADAP LAYANAN UPT PENGELOLA TAMAN KANAKKANAK DAN SEKOLAH DASAR WILAYAH TIMUR. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Endah Nur Iswati 11110241028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indeks Kepuasan Masyarakat yang biasa dikenal dengan IKM merupakan data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Terdapat 14 unsur yang menjadi patokan dalam mengetahui kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh pihak UPT. Unsur tersebut antara lain sebagai berikut: Prosedur pelayanan; Persyaratan pelayanan; Kejelasan petugas pelayanan; Kedisiplinan petugas pelayanan; Tanggung jawab petugas pelayanan; Kemampuan petugas pelayanan; Kecepatan pelayanan; Keadilan mendapat pelayanan; Kesopanan dan keramahan petugas; Kewajaran biaya pelayanan; Kepastian biaya pelayanan; Kepastian jadwal pelayanan; Kenyamanan lingkungan; dan Keamanan pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat (guru) yang memperoleh pelayanan dari pihak UPT dan objeknya adalah kepuasan dari responden tersebut. Penelitian dilaksanakan selama PPL dilaksanakan di UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Timur dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan bantuan kuesioner dan diperdalam dengan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik. Sesuai denga rumus yang ada, perolehan indeks kepuasan masyarakat di UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Timur adalah 79, 283 dengan katagori mutu pelayanan B. Perolehan angka tersebut berdasarkan nilai indeks dikali dengan nilai dasar yaitu 3,171 sebagai nilai indeks dan 25 sebagai nilai dasar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: IKM, UPT Timur, Analisis Kepuasan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 01:09
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38009

Actions (login required)

View Item View Item