LAPORAN PPL INDIVIDU “PEMBUATAN BLOG SEBAGAI MEDIA INFORMASI KEGIATAN DAN PEMBAHARUAN DATA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGELOLA TK DAN SDWILAYAH UTARA”

DYAH SULISTIANI, DYAH SULISTIANI (2014) LAPORAN PPL INDIVIDU “PEMBUATAN BLOG SEBAGAI MEDIA INFORMASI KEGIATAN DAN PEMBAHARUAN DATA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGELOLA TK DAN SDWILAYAH UTARA”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DYAH SULISTIANI 11110244025.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan mahasiswa yang terjun di instansi pendidikan dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik. Penyelengaraan program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efisien dan efektif. Program yang dikembangkan mahasiswa dalam praktek PPL disesuaikan dengan keadaan program yang belum ada di instansi pendidikan sehingga mahasiswa dapat memberikan sumbangan nyata bagi instansi pendidikan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan bentuk pengabdian terhadap masyarakat. Program yang dilaksanakan di instansi pendidikan ini adalah program pembuatan blog UPT sebagai Media Informasi Kegiatan dan Pembaharuan Data di Unit Pelaksana Teknis Pengelola TK dan SD Wilayah Utara. UPT Utara belum memiliki blog sehingga program ini dirasa sangat perlu dilaksanakan agar masyarakat dapat mengakses informasi-informasi UPT melalui blog tersebut dimana saja dan kapan saja. Dalam pelaksanaan rogram ini tidak ada masalah yang sangat berarti akan tetapi keterbatasan data yang ada di UPT juga sedikit banyak memengaruhi kelengkaan informasi yang terunggah ke dalam blog, akan tetapi mahasiswa PPL mengganti informasi yang dibutuhkan dengan informasi yang lain. Pelaksanaan program tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak instansi maupun masyarakat pada umumnya, serta mahasiswa pada khususnya untuk mengembangkan kompetensinya. Oleh karena itu perlu adanya komitmen yang tinggi dari semua pihak yang terkait sesuai dengan tanggung jawab masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Aug 2016 01:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38007

Actions (login required)

View Item View Item