Kesalahan Gramatikal Siswa dan Implikasinya Dalam Keterampilan Menulis (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Ternate)

Gani, Gafur (2011) Kesalahan Gramatikal Siswa dan Implikasinya Dalam Keterampilan Menulis (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Ternate). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gafur-gani-09706251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan jenis kesalahan gramatika yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 kota Ternate dalam keterampilan menulis. Kedua, mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan gramatika, dan ketiga, mengetahui implikasi kesalahan gramatika siswa dalam pembelajaran menulis. Manfaat penelitian ini adalah pertama, dapat menambah wawasan siswa dalam keterampilan menulis, kedua memberikan gambaran pada guru terkait dengan jenis-jenis kesalahan gramatika dalam menulis, dan mengajukan solusi permasalahan siswa dalam keterampilan menulis sehingga kesalahan-kesalahan tersebut dapat tereduksi dan siswa tidak mengulangi lagi pada kesalahan yang sama. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang muncul dalam karangan siswa. Hal tersebut sangat relevan dengan jenis data pada penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 kota Ternate tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini diambil dari 3 (tiga) kelas yaitu kelas A, B dan C yang berjumlah 101 siswa. Jumlah subjek yang diambil untuk dijadikan sampel adalah 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 25 siswa. Objeknya adalah kesalahan gramatika siswa dan implikasinya terhadap keterampilan menulis pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Ternate. Teknik pengumpulan data adalah siswa diberikan judul karangan dan menulis/mengarang berdasarkan judul yang ada, hasil tulisan siswa dianalisis, diskusi dengan teman sejawat, tim ahli, wawancara dengan siswa, menyimpulkan, dan mendeskripsikan hasil analisis data. Hasil penelitian ini adalah pertama, jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menulis adalah kesalahan penggunaan kata kerja infinitive, past, dan past participle, article, konjungsi, kata ganti pronoun, plural dan singular, kesalahan preposisi, kata yang tepat/diksi, kalimat tidak lengkap uncompleted sentence, dan susunan kata words order. Kedua, Adapun faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 kota Ternate adalah kurangnya penguasaan gramatika, interfensi struktur bahasa pertama, rendahnya penguasaan kosa kata. Terakhir, implikasi kesalahan terhadap siswa, guru, dan penyusun materi pengajaran meliputi: siswa dapat belajar dari kesalahannya, guru dapat menjadikan sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan kreativitas dalam mendesain dan menyampaikan materi terkait dengan keterampilan menulis, dan penyusun materi dapat menjadikan temuan-temuan dalam kajian sebagai bahan acuan sehingga komposisi materinya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa dan guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesalahan gramatikal, keterampilan menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:49
Last Modified: 02 Dec 2022 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38001

Actions (login required)

View Item View Item