Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Bolavoli Melalui Model Pembelajaran Teaching Game for Understanding di Kelas X-4 SMA N I Pundong

Wibowo, Yuyun Ari (2011) Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Bolavoli Melalui Model Pembelajaran Teaching Game for Understanding di Kelas X-4 SMA N I Pundong. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuyun-ari-wibowo-09711251017.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini (Classroom Action Research) bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran bolavoli melalui model pembelajaran Teaching Game for Understanding di kelas X-4 SMA N I Pundong. Subjek penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Yuyun Ari Wibowo, S. Pd. Jas, sebagai guru peneliti, Indiyati, S. Pd. sebagai kolabolator, dan Imam Bakti Darmawan sebagai cameramen. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA N I Pundong, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY tahun ajaran 2010-2011. Tindakan yang diberikan berupa pemberian pembelajaran bolavoli dengan model Teaching Game for Understanding. Waktu penelitian pada bulan Maret, April, dan Mei 2011. Pelaksanaan tindakan terbagi ke dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan angket dan lembar pengamatan Games Performance Assesment Instrument (GPAI). Analisis data menggunakan diskriptif kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bolavoli dengan model Teaching Game for Understanding dapat meningkatkan proses pembelajaran bolavoli kelas X-4 SMA N I Pundong. Indikator peningkatan proses pembelajaran dalam penelitian ini ialah optimalisasi gerak siswa, efektivitas kerja guru, efektivitas pembelajaran, untuk teratasinya keterbatasan sarana dan prasarana, tingginya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, pengembangan logika, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, bolavoli, Teaching Game for Understanding
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:22
Last Modified: 29 Jan 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37999

Actions (login required)

View Item View Item