Pengembangan Model Aktivitas Jasmani untuk Mengoptimalkan Perkembangan Otak Anak Usia Dini

Babang, Veramyta Maria Martha Flora (2011) Pengembangan Model Aktivitas Jasmani untuk Mengoptimalkan Perkembangan Otak Anak Usia Dini. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-veramyta-maria-martha-flora-babang-09711251011.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model aktivitas jasmani gerak dan lagu untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Model ini dapat digunakan dan dipraktekan pada anak usia dini (Anak TK kelompok B) sebelum aktivitas belajar mengajar berlangsung, untuk menstimulus perkembangan otak anak usia dini. Model yang dikembangkan juga dapat membantu guru taman kanak-kanak untuk kreatif menciptakan inovasi baru dalam kegiatan di Taman kanak-kanak, terutama untuk kepentingan perkembangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Pengembangan model ini dilakukan melalui tahap: pendahuluan, pengembangan desain model, pengembangan model, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli pendidikan anak usia dini dan ahli ilmu faal. Selanjutnya model diujicobakan kepada anak usia dini dan dinilai oleh guru taman kanak-kanak melalui tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil dilakukan di dua taman kanak-kanak yaitu di TK Tunas Wisata dan TK Kusuma, jumlah siswa secara keseluruhan dalam uji coba kelompok kecil adalah sebanyak 38 anak. Uji coba kelompok besar dilakukan di tiga taman kanak-kanak yaitu di TK ABA Pringwulung, TK ABA Karangmalang dan, di TK Nasional. Jumlah keseluruhan anak yang mengikuti uji coba kelompok besar adalah sebanyak 75 anak. Data dikumpulkan melalui kuesioner, tes dan observasi. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas model, saran untuk perbaikan model, skor tes, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil validasi oleh ahli usia dini adalah “sangat baik” (rerata skor 4.5), sedangkan ahli ilmu faal menilai “sangat baik” (rerata skor 4.3). Penilaian guru pada ujicoba kelompok kecil adalah “sangat baik” (rerata skor 4.6) serta pada ujicoba kelompok besar mendapat nilai “sangat baik” (rerata skor 4.6). Dari tes yang dilaksanakan diperoleh rerata skor pre-test dan post-test yang dinilai dari aspek konsentrasi, keceriaan dan keaktifan gerak anak, yang mengalami peningkatan dilihat dari sebelum dan sesudah aktivitas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model aktivitas jasmani gerak dan lagu untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak usia dini ini, efektif digunakan dalam aktivitas anak usia dini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model aktivitas jasmani, perkembangan otak, anak usia dini
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:12
Last Modified: 29 Jul 2016 09:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37998

Actions (login required)

View Item View Item