Pengembangan Model Permainan Softball Sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Anak Sekolah Dasar Kelas Atas

Hermawan, Hedi Ardiyanto (2011) Pengembangan Model Permainan Softball Sebagai Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Anak Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hedi-ardiyanto-hermawan-08711251003.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan softball sebagai pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak sekolah dasar kelas atas. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Sedangkan produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modifikasi permainan softball sebagai pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak sekolah dasar kelas atas. Model ini dikembangkan berdasarkan pada kajian yang telah dilakukan terhadap kurikulum pendidikan jasmani di sekolah dasar, karakteristik pertumbuhan dan perkembangan anak, dan pola perkembangan bermain anak. Penelitian ini mencakup tiga tahapan yaitu tahapan validasi kesesuaian dan kualitas model oleh pakar dengan instrumen angket. Tahapan selanjutnya adalah uji coba model dalam skala kecil dengan subjek siswa SDN Margomulyo Seyegan dan yang terakhir yaitu uji coba skala luas, dengan subjek siswa SDN Sompokan Margomulyo, SDN Pete Margodadi, dan SD Gentan Margoagung. Jumlah siswa terlibat adalah 48 anak untuk uji coba skala kecil dan 72 anak untuk uji coba skala besar. Dalam kedua tahap tersebut peneliti melakukan pengambilan gambar yang kemudian data tersebut ditransfer menjadi CD. CD tersebut digunakan sebagai pedoman bagi para ahli untuk melakukan observasi terhadap kualitas model permainan dalam ujicoba di lapangan dengan bantuan sebuah panduan observasi. Hasil observasi dan masukan para pakar dan guru pendidikan jasmani pada tahap ujicoba skala kecil dijadikan bahan masukan dan perbaikan bagi peneliti untuk menyusun model yang akan diujicobakan dalam skala luas. Demikian juga hasil observasi pada ujicoba skala luas, masukan para ahli dan guru penjas pada tahap ini akan digunakan sebagai bahan untuk penyempurnaan model. Sedangkan produk akhir model permainan softball adalah buku peraturan permainan modifikasi permainan softball yang disebut dengan permainan karonball. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para ahli dan guru menyampaikan jika produk permainan yang dihasilkan sesuai diterapkan di Sekolah Dasar kelas atas. Hal ini terlihat dari hasil jawaban observasi dengan 15 pertanyaan yang semuanya dijawab sesuai. Sedangkan pandangan dari siswa terlihat dari jawaban yang didapat dari 10 pertanyaan yaitu permainan dapat dilakukan oleh siswa (100%), mudah dilakukan (97,2%), peraturan mudah dipahami (100%), ketaatan siswa terhadap peraturan (94,4%), permainan tidak menyulitkan (94,4%), peralatan disukai oleh siswa (98,6%), permainan membuat anak senang bergerak (97,2%), permainan dapat membuat anak bekerjasama dengan siswa lain (100%) dan siswa tidak merasa takut dalam bermain (100%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan softball, pembelajaran pendidikan jasmani, anak Sekolah Dasar kelas atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2016 08:09
Last Modified: 29 Jan 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37995

Actions (login required)

View Item View Item