Nugroho, Dheni and Bambang Sumarno, HM (2016) Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) dan Pendekatan Ekspositori pada Kompetensi Kubus dan Balok Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB 1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (28MB) |
|
![]() |
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan perbandingan efektivitas dari pendekatan penemuan terbimbing dan pendekatan ekspositori pada kompetensi kubus dan balok ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adlah quasi experiment (eksperimen semu) dengan populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Ponjong tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari enam kelas. Sampel yang digunakan adalah peserta didik di kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan peserta didik di kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol menerapkan pembelajaran dengan pendekatan ekspositori dan kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan instrumen tes (pre-test dan post-test). Pembelajaran dikatakan efektif jika rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah siswa sama atau lebih dari KKM, yaitu 75. Tahapan analisis data yang digunakan mulai dari deskripsi data, uji prasyarat, hingga pengujian hipotesis dengan menggunakan one samples t-test dan independent samples t-test dengan = 0,05. Hasil dari pengujian masing-masing hipotesis adalah: (1) berdasarkan hasil one samples t-test nilai signifikansi (2-tailed)= 0,000 < = 0,05, yang berarti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan penemuan terbimbing pada kompetensi kubus dan balok efektif, (2) berdasarkan hasil one samples t-test nilai signifikansi (2-tailed)= 0,000 < = 0,05, yang berarti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ekspositori pada kompetensi kubus dan balok efektif, (3) berdasarkan independent samples t-test nilai signifikansi (2-tailed)= 0,311 > = 0,05, yang berarti tidak terdapat perbedaan nilai rata-rata post-test kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan kedua pendekatan tersebut sama efektifnya ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP N 1 Ponjong. Kata kunci: Pemecahan masalah, Ekspositori, Penemuan terbimbing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 07:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |