LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN Gedongan, Sumberagung, Moyudan, Sleman, Yogyakarta 55563

Deradi Harsi, Deradi Harsi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN Gedongan, Sumberagung, Moyudan, Sleman, Yogyakarta 55563. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Individu.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program kegiatan KKN-PPL di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan KKN-PPL ini adalah untuk memberikan bantuan baik berupa fisik maupun nonfisik dalam merencanakan program dan pembangunan sekolah. Program KKN-PPL di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, dilaksanakan pada tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Dalam pelaksanaan KKN-PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Program KKN individu meliputi program utama dan program penunjang. Program individu utama adalah pengadaan media pembelajaran jurusan Teknik Komputer Jaringan, serta pembuatan sistem Informasi perpustakaan.Sedangkan program KKN penunjang merupakan program kegiatan dari kelompok maupun membantu program dari teman dalam kelompok yang berbeda program studinya. Selain itu juga ada program insidental, dimana program ini merupakan program dari sekolah tetapi mahasiswa turut serta dalam pelaksanaannya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas.Dalam pelaksanaan PPL melaksanakan mengajar secara resmi sebanyak 9kali dalam 5 minggu dan mengajar dua mata pelajaran, yaitu Sistem operasi dan Pemrograman Dasar, masing-masing mengajar kelas X TKJ Adan X TKJ B selama 4 kali tatap muka sebanyak 3 jam pelajaran (3 x 45 menit) dan 2 jam pelajaran (2 x45 menit). Rencana Pembelajarandibuat untuk kelas X dibuat dalam format menggunakan sistem Kurikulum 2013. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Kegiatan praktikan berakhir ditandai dengan penarikan oleh pihak UniversitasNegeri Yogyakarta secara serempak. Kegiatan PPL ini dapat memberikanpengelaman secara nyata bagi praktikan. Pengalaman ini dijadikan prosespembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan sertamengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikansebagai sarana untuk menjadikan dirinya sebagai guru atau pendidik yang professionalyaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yangmemadai sesuai dengan bidang masing masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Kurikulum 2013, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37985

Actions (login required)

View Item View Item