LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA Jln. Kemuning 14 Baciro Yogyakarta 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014

Windarti, Windarti (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA Jln. Kemuning 14 Baciro Yogyakarta 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. cover-abstrak.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Bab 1-III.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2014 ini dimulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Tujuan yang ingin dicapai dalam PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Kompetensi tersebut mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademis yang telah didapat di Universitas Negeri Yogyakarta kemudian menerapkannya di lapangan. Kegiatan pra PPL yang berupa tahap persiapan dan observasi sekolah telah dilaksanakan terlebih dahulu pada tanggal 6 Maret sampai 11 Maret 2014. Observasi menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi kurikulum, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siwa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran), dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Praktikan melaksanakan PPL di SMA PIRI 1 Yogyakarta dan dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus sampai dengan 28 Agustus 2014. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelas X IIS, XI IIS, dan XII IIS. Sesuai dengan persyaratan bahwa praktikan harus mengajar minimal 8 kali mengajar, 4 kali di kelas XII IIS, 2 kali di kelas XI IIS , dan 2 kali di kelas X IIS. Hasil kegiatan PPL ini memberikan banyak pengalaman bagi praktikan untuk mengajar, berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan yang telah diperoleh ketika belajar di perguruan tinggi. Pelaksanaan PPL ini juga memberikan gambaran kepada mahasiswa praktikan ketika menjadi seorang guru profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Jul 2016 03:40
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37981

Actions (login required)

View Item View Item