LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA Jln. Kemuning 14 Baciro Yogyakarta

Doni Bowo Nugroho, Doni Bowo Nugroho (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA Jln. Kemuning 14 Baciro Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
! HALAMAN DEPAN.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
! ISI LAPORAN.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan. Kegiatan PPL ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari oleh mahasiswa di lapangan. Dengan pengalaman mengajar di kegiatan PPL ini harapannya mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga untuk diintegrasikan kelak ketika sudah bekerja di dunia pendidikan. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, mahasiswa diberikan pembekalan PPL agar mahasiswa memiliki gambaran awal dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain pembekalan PPL, mahasiswa melaksanakan kegiatan observasi sekolah. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa memahami kekurangan dan kelebihan calon peserta didik yang akan diajar kelak ketika sudah terjun di lapangan. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi kurikulum, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siwa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran), dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam pelaksanaan PPL, penulis mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu mata pelajaran fisika. Untuk pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jam guru pembimbing. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai dan dibutuhkan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disesuaikan dengan kondisi dan situasi siswa di lapangan. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh penulis. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 10 kali, yaitu di kelas XI MIA sebanyak 7 kali, 2 kali di kelas XII IPA dan 1 kali di kelas X MIA yang dimulai pada tanggal 7 Agustus sampai dengan 16 September 2014. Setiap pertemuan berdurasi 2 jam pelajaran (satu jam pelajaran 45 menit). Sebelumnya penulis membuat persiapan (perangkat pembelajaran) yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktek mengajar, praktek pengalaman lapangan, rencana pelaksanaan pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Jul 2016 03:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37978

Actions (login required)

View Item View Item