LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Nirmala Addini, Nirmala Addini (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11511244009_NIRMALA ADDINI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Penglaman Lapangan (PPL) merupakan langkah untuk mengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan dalam mengajar di lapangan (sekolah). SMK Muhammadiyah I Moyudan merupakan salah satu lokasi PPL yang dijadikan pilihan mahasiswa dalam melakukan PPL. Kegiatan PPL yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan meliputi observasi kondisi fisik sekolah, observasi pada saat proses pembelajaran dan peserta didik, persiapan mengajar, pembuatan RPP, kegiatan praktik mengajar di kelas dan di laboraturium boga, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian PPL di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Mata Pelajaran yang diajarkan sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasai yaitu Pendidikan Teknik Boga. Kegiatan PPL meliputi praktik mengajar di kelas, pembuatan rencana pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, pelaksanaan penilaian, serta pembuatan analisis keterkaitan SKL. Pada pelaksanaan PPL, praktikkan secara reesmi mengajar sebanyak 8 kali tatap muka. Praktik mengajar teori selama 2 kali tatap muka sebanyak 2 jam pelajaran (2 x45 menit) dan 6 kali tatap muka sebanyak 8 jam pelajaran (8x 45 menit). Secara keseluruhan format penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggunakan kurikulum 2013. Hal ini karena praktikkan mengajar kelas X kompetensi keahlian Jasa Boga. Mata pelajaran yang diampu selama kegiatan PPL yaitu Sanitasi Hygienne dan K3 serta Boga Dasar. Pada mata pelajaran Sanitasi Hygienne dan K3 tidak dilakukan setiap pertemuan karena dilakukan pembagian terhadap 3 mahasiswa sehingga dalam praktiknya dilakukan secara bergilir. Kegiatan praktikan berakhir ditandai dengan penarikan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta secara serempak. Kegiatan PPL ini dapat memberikan pengelaman secara nyata bagi praktikan. Pengalaman ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan dirinya sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidang masing- masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:20
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37970

Actions (login required)

View Item View Item