LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Diana Amalianingsih, Diana Amalianingsih (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Kata pengantar.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Daftar isi-daftar lampiran-abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. SMK Muhammadiyah 1 Moyudan sebagai salah satu lokasi PPL semester genap 2014/2015. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka PPL di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan antara lain; observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar, pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar di kelas, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Dengan PPL ini praktikkan memperoleh kesempatan untuk menghadapi kondisi riil dalam proses belajar mengajar. Selain itu juga memperoleh pengalaman dalam penguasaan kompetensi keilmuan dan ketrampilan bidang studi, keterampilan pengembangan profesi dan kompetensi pembentukan kepribadian sebagai pendidik professional. Perlu ditingkatkan kerjasama yang harmonis antara UNY sebagai salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga akademis dengan pihak sekolah. Mengenai mata pelajaran yang diajarkan sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasai, yaitu Pendidikan Teknik Boga. Kegiatan PPL meliputi pembuatan Rencana Pembelajaran, pembuatan media pengajaran, mengajar di kelas, pelaksanaan penilaian. Dalam pelaksanaan PPL melaksanakan mengajar secara resmi sebanyak 7 kali dalam 6 minggu, yaitu mengajar di kelas X hanya 2 minggu selama 2 kali tatap muka sebanyak 2 jam pelajaran (2 x 45 menit). Mengajar di kelas XI, dalam 1 minggu mengajar selama 1 kali tatap muka sebanyak 7 jam pelajaran (7 x 45 menit). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk kelas X dan XI menggunakan kurikulum 2013. Kegiatan praktikkan berakhir ditandai dengan penarikan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta secara serempak. Kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman secara nyata bagi praktikkan. Semoga kegiatan PPL ini dapat dijadikan sarana untuk menyiapkan diri menjadi guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan dalam bidangnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37969

Actions (login required)

View Item View Item