LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ahmad Habibullah, Ahmad Habibullah (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_Ahmad Habibullah_11518244002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan di UNY, yang pelaksanaannya dilakukan di sebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan mempersiapkan calon pendidik agar menjadi pendidik yang profesional agar siap ditempatkan dimanapun di kemudian hari. Hal ini sesuai dengan salah satu misi PPL UNY yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara profesional. Kegiatan PPL ini juga dipadukan dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sekolah. PPL di sekolah memberikan pengalaman kepada mahasiswa PPL dalam memahami dunia sekolah secara nyata. Salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY 2014 adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taman Siswa Jetis Yogyakarta yang beralamat di Jl. Pakuningratan no. 34 a Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam KKN PPL ini adalah unjuk kerja, yaitu dengan melakukan observasi pada minggu pertama pelaksanaan PPL. Setiap permasalahan yang ditemukan selama observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai acuan untuk penyusunan program PPL di SMK Taman Siswa Jetis tahun 2014. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa PPL diberikan pilihan mata pelajaran produktif untuk jurusan Multimedia kelas X dan XI semester I (Gasal) yaitu seperti mata pelajaran Pemrograman Dasar, Sistem Komputer, Jaringan Komputer, Perakitan Komputer, dan Desain Multimedia. Untuk memperlancar vii kegiatan belajar mengajar (KBM), mahasiswa PPL membuat administrasi Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi dan hasil penilaian. Dari kegiatan KKN-PPL ini, mahasiswa memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku kuliah, terutama pengalaman mengajar di kelas yang sebenarnya. Selama peroses KBM, banyak hal yang ditemukan seperti hambatan dan hal-hal baru yang tidak pernah disangka sebelumnya. Namun hal tersebut dapat disikapi dengan baik dengan semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peraktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:07
Last Modified: 29 Jul 2016 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37967

Actions (login required)

View Item View Item