LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

Arifiana Latifah Rahmawati, Arifiana Latifah Rahmawati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus Tahun 2014 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Yogyakarta mulai dilaksanakan pada minggu pertama bulan Juli 2014 sampai dengan minggu ketiga bulan September 2014. Praktikan adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Kegiatan pengajaran praktikan dilaksanakan oleh praktikan di kelas VII G, IX B, IX D, dan IX G. Ada beberapa program kerja PPL yang diprogramkan oleh praktikan antara lain pembuatan poster matematika, pembuatan CD pembelajaran matematika, pembuatan media pembelajaran, dan penyusunan RPP 1 Semester untuk program PPL kelompok. Sedangkan untuk program PPL individu adalah penyusunan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran, praktik mengajar terbimbing dan mandiri, dan menyusun dan mengembangkan instrumen evaluasi berupa soal ulangan, kisi – kisi dan rubrik penilaian. Program-program PPL yang telah direncanakan oleh praktikan dapat berjalan dengan baik, namun beberapa hambatan dipastikan dapat timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain: banyaknya kegiatan di sekolah yang banyak menyita waktu praktik mengajar, ketika KBM berlangsung ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pelajaran dan sibuk dengan kegiatannya sendiri, siswa sedikit meremehkan praktikan karena bukanlah seorang guru, sehingga ketika diberikan tugas siswa banyak protes akan tetapi dengan pendekatan secara personal kepada siswa-siswa tersebut maka hal tersebut bisa diatasi, belum adanya buku pegangan yang dimiliki siswa kelas VII mengakibatkan pembelajaran cukup terhambat. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangatlah mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Jul 2016 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37966

Actions (login required)

View Item View Item