LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. Panembahan Senopati No.28-30, Gondomanan, Yogyakarta

Fransisca Eka Sari, Fransisca Eka Sari (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. Panembahan Senopati No.28-30, Gondomanan, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. Isi Laporan BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Isi Laporan BAB II.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Isi Laporan BAB III.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tujuannya adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014 di SMP Negeri 2 Yogyakarta akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain: praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri, membuat RPP, memberikan tugas siswa.Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Yogyakarta, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di 10 kelas yaitu kelas VII B, VII C, VII E, VII F, VIII A, VIII B, VIII C, VIII E, VIII F, VIII G. Masing-masing kelas berkesempatan mengajar sebanyak 5 kali pertemuan, sehingga dalam 10 kelas tersebut melaksanakan praktik mengajar sebanyak 52 kali dengan 8 RPP. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik, dan mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Jul 2016 01:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37964

Actions (login required)

View Item View Item