LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP N 2 YOGYAKARTA Alamat : Jalan Panembahan Senopati No 28-30 Yogyakarta

Nugraheni Intan Saputri, Nugraheni Intan Saputri (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP N 2 YOGYAKARTA Alamat : Jalan Panembahan Senopati No 28-30 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ISI LAPORAN.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMP Negeri 2 Yogyakarta, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juli 2014 hingga tanggal 17 September 2014. Kegiatan PPL sangat membantu para mahasiswa sebagai praktikan untuk mendapatkan gambaran dan pengalaman dalam persekolahan. Kegiatan PPL tidak hanya terbatas pada praktik di kelas tetapi juga praktik pembuatan administrasi yang biasa dilakukan oleh seorang guru yaitu menyusun RPP, silabus, LKPD, dan lain-lain yang digunakan sebagai perangkat pembelajaran. PPL berlangsung dari 1 Juli hingga 17 September 2014. Dalam waktu tersebut, mahasiswa melakukan program kerja PPL, yaitu pembuatan Silabus, RPP, Praktik mengajar, Evaluasi pembelajaran, analisisa evaluasi pembelajaran, piket, dan lain sebagainya dengan pelaksanaan PPL keseluruhan di dalam lingkungan sekolah dan selama jam sekolah. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi: kegiatan praktik mengajar di kelas VIII E yang dilakukan sebanyak 5 kali dan di Kelas VIII G yang telah dilakukan sebanyak 3 kali, sehingga berjumlah sebanyak 8 kali. Kegiatan PPL berlangsung dengan lancar dan hambatan yang terjadi dapat ditangani secara baik. Setelah melaksanakan kegiatan PPL mahasiswa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru yang bermanfaat untuk bekal menjadi pendidik yang berkarakter dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, SMP N 2 Yogyakarta, PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 08:19
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37952

Actions (login required)

View Item View Item