PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE REALLY GETTING ACQUAINTED DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IVB SDN JIGUDAN KECAMATAN PANDAK

Khasanah, Umi (2016) PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE REALLY GETTING ACQUAINTED DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IVB SDN JIGUDAN KECAMATAN PANDAK. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Umi Khasanah.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial siswa kelas IVB SDN Jigudan Kecamatan Pandak melalui model active learning tipe really getting acquainted. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Jigudan berjumlah 29 orang. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan skala psikologi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model active learning tipe really getting acquainted dapat meningkatkan perilaku prososial siswa kelas IVB SDN Jigudan Kecamatan Pandak. Pada pratindakan perilaku prososial berada pada kriteria sedang, siswa belum peka terhadap perasaan temannya, masih membeda-bedakan teman untuk berkelompok, kurang peduli terhadap teman yang kesulitan, belum bisa bekerjasama dengan baik, mementingkan diri sendiri, dan berbuat curang. Pada siklus I perilaku prososial meningkat dengan kriteria tinggi tetapi belum mencapai indikator keberhasilan. Siswa mulai dapat menerima semua temannya sebagai anggota kelompok, dapat memberikan saran dan motivasi kepada temannya, serta dapat memberikan pertolongan kepada teman yang kesulitan. Pada siklus II perilaku prososial siswa mencapai kriteria tinggi, siswa dengan senang hati berkelompok bersama teman-temannya, mau mendengarkan dan menanggapi cerita teman, memberikan sebagian peralatan yang dimiliki kepada temannya, melakukan kerja kelompok sesuai dengan pembagian tugas yang diperoleh, dan menghargai kejujuran. Kata kunci: perilaku prososial, active learning tipe really getting acquainted, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 08:09
Last Modified: 30 Jan 2019 10:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37947

Actions (login required)

View Item View Item