PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEDUNGLEGOK KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015/2016

Yulianti, Retno (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEDUNGLEGOK KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Retno Yulianti.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media pop-up book pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedunglegok Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedunglegok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif, menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedunglegok sejumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes menulis karangan dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil menulis karangan dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedunglegok meningkat dengan menggunakan media pop-up book. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil observasi dan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Nilai rata-rata juga meningkat dari 65,47 pada pra tindakan menjadi 73,59 pada siklus I dan 78,84 pada siklus II. Persentase siswa yang sudah mencapai KKM keterampilan menulis juga meningkat dari 44% pada pra tindakan menjadi 69% pada siklus I dan 87,5% pada siklus II. Kata kunci : Keterampilan menulis karangan narasi, media pop-up book.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 08:00
Last Modified: 28 Jul 2016 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37943

Actions (login required)

View Item View Item