PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN REINFORCEMENT NEGATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Dwi Atmojo, Pudyastowo (2016) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN REINFORCEMENT NEGATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Pudyastowo Dwi Atmojo.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan reinforcement negatif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah populasi 843. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 271. Validitas instrumen diuji dengan analisis korelasi product moment, sedangkan reliabilitas menggunakan teknik analisis koefisien alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitan menunjukkan Fhitung (127,827) > Ftabel (3,029) dan tingkat signifikansi 0,000 atau kurang dari 0,05 dengan pengaruh simultan sebesar 48,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pemberian reward dan reinforcement negatif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: reward, reinforcement negatif, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 10:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37937

Actions (login required)

View Item View Item