UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DI KELAS III SDN MINOMARTANI 1

Endah Pratiwi, Nur (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DI KELAS III SDN MINOMARTANI 1. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Nur Endah Pratiwi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran serta keterampilan menulis karangan sederhana melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas III SDN Minomartani 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan model spiral Kemmis & Mc. Tanggart. Langkah kegiatan tiap siklus dalam penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Minomartani 1 yang berjumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah proses dan hasil dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN Minomartani 1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan proses pembelajaran serta keterampilan menulis karangan sederhana melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas III SDN Minomartani 1. Hasil menulis karangan sederhana menunjukkan pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 8 siswa atau 25,8%. Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada siklus I yaitu mencapai 20 siswa atau sebesar 64,51% dan kembali meningkat pada siklus II yaitu mencapai 25 siswa atau 80,65%. Jumlah peningkatan siswa yang mencapai KKM pada pra siklus dan siklus II meningkat sebanyak 17 siswa atau 54,84%. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas juga meningkat. Hal tersebut ditunjukkan dengan siswa lebih bersemangat, antusias, dan aktif dalam mengikuti pembelajaran menulis. Selain itu, siswa juga menjadi lebih termotivasi untuk menulis karangan. Kata kunci: keterampilan menulis, karangan sederhana, model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:40
Last Modified: 30 Jan 2019 10:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37936

Actions (login required)

View Item View Item