PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 1 PEDES

Putra Utama, Muhammad (2016) PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 1 PEDES. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Muhammad Putra Utama.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui model cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Pedes pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian yakni siswa kelas V yang terdiri dari 28 siswa. Objek penelitian adalah partisipasi aktif siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 1 Pedes dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya presentase siswa yang mencapai partisipasi aktif yang baik dan sangat baik sebesar 53%. Pada siklus I siswa yang mencapai kriteria keberhasilan sebanyak 26%, pada siklus II sebanyak 79%. Kata kunci: partisipasi aktif, cooperatif learning, jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 10:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37933

Actions (login required)

View Item View Item