LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA Alamat: Jl. Panembahan Senopati No. 28-30, Yogyakarta.

Mayapraba Fifi K. N. E., Mayapraba Fifi K. N. E. (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA Alamat: Jl. Panembahan Senopati No. 28-30, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
judul.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN ISI laporan.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

vi ABSTRAK LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh : Mayapraba Fifi K. N. E. NIM. 11205241036 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL vii dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tujuannya adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014 di SMP Negeri 2 Yogyakarta akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kegiatan atau program PPL jurusan maupun individu yang dilaksanakan antara lain: pengadaan media pembelajaran Bahasa Jawa dan banner slogan beraksara Jawa. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Yogyakarta, penulis mendapat kesempatan praktik mengajar di 5 kelas yaitu kelas VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, dan VIII G. Mahasiswa melakukan praktik mengajar pokok di kelas setiap hari Senin (kelas VIII F jam ke-4 & 5, kelas VIII C jam ke-6 & 7 ), Rabu (kelas VIII E jam ke-7 & 8), Kamis (kelas VIII G jam ke-7 & 8), Sabtu (kelas VIII D jam ke-3 & 4) dalam setiap minggunya. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Yogyakarta, dan mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:38
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37932

Actions (login required)

View Item View Item