LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. P. Senopati 28-30 Yogyakarta

Eka Fatma Dewi, Eka Fatma Dewi (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. P. Senopati 28-30 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
CD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, FBS, UNY Kuliah Kerja Nyata dengan kelompok masarakat sekolah sebagai sasarannya bertujuan untuk memberi pengalaman manjerial kepada mahasisa dan juga mahasiswa dapat belajar mengenai seluk-beluk sekolah dengan segala kompleksitas permasalahannya serta memberi kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari untuk kemudian dikembangkan di sekolah sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada masarakat dengan mentranfer, mentarnformasikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan kedalam masarakat sekolah sebelum nantinya benar-benar menjadi bagian dari masarakat sekolah. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata dan Praktek Pengalaman Lapangan disekolah SMP Negeri 2 Yogyakarta tepatnya di Jl. P. Senopati 28-30 Kel. Prawirodirjan Kec. Gondomanan Yogyakarta mulai tanggal 1 Juli s.d 17 September 2014. Program yang dilaksanakan dalam KKN ini adalah sebagai berikut : penerimaan siswa baru (PSB), pendampingan masa orientasi siswa (FORTASI), pelatihan upacara bendera, inventarisasi, tempat sampah, papan nama SMK, perlombaan ulang tahun sekoalah, pendampingan kegiatan bulan ramadhan, workshop, dan labelisasi. Pada jurusan Bahasa Jawa program yang dikerjakan antara lain inventarisasi perpustakaan, perbaikan papan slogan beserta poster aksara jawa.. Sedangkan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan Pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014. Dalam kegiatan Pembelajaran perlu melakukan persiapan diantaranya penyusunan RPP dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL dilalukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar , pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Pratik Pengalaman Lapangan ini dapat dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiwa sebagai calon guru dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru/pendidik yang professional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidang masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:20
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37928

Actions (login required)

View Item View Item