FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WATES TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLABASKET

Aditya Bayu Ariyantara, (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WATES TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLABASKET. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran penjasorkes yang kurang optimal khususnya saat materi permainan bolabasket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates terhadap proses pembelajaran permainan bolabasket. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket yang terdiri dari 23 pernyataan meliputi aspek perhatian, minat, pengalaman, guru, metode pembelajaran, materi, sarana dan prasarana, lingkungan sekolah dan teman. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 160 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Proportional Random Sampling, yang diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi sehingga didapatkan subyek penelitian sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 24 siswa putra dan 16 siswa putri. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan faktor internal yang mempengaruhi persepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates terhadap proses pembelajaran permainan bolabasket berada pada kategori sangat baik dengan persentase 10% atau 4 siswa, kategori baik dengan persentase 12.5% atau 5 siswa, kategori cukup baik dengan peresentase 42.5% atau 17 siswa, kategori kurang baik dengan persentase 27.5% atau 11 siswa dan kategori sangat kurang dengan persentase 7.5% atau 3 siswa, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi siswa kelas VII terhadap proses pembelajaran permainan bolabasket di SMP Negeri 4 Wates berada pada kategori sangat baik dengan persentase 7.5% atau 3 siswa, kategori baik dengan persentase 25% atau 10 siswa, kategori cukup baik dengan peresentase 27.5% atau 11 siswa, kategori kurang baik dengan persentase 35% atau 14 siswa dan kategori sangat kurang dengan persentase 5% atau 2 siswa. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian yaitu faktor internal lebih mempengaruhi persepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi, proses pembelajaran, permainan bolabasket.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2016 08:33
Last Modified: 28 Jul 2016 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37927

Actions (login required)

View Item View Item