MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING DI KELAS III SD NEGERI BEJI

Palupi, Kurnia (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING DI KELAS III SD NEGERI BEJI. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Kurnia Palupi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasi berbahasa Jawa dengan menerapkan strategi menulis terbimbing pada siswa kelas III SD Negeri Beji. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Beji yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 23 siswa putra dan 9 siswa putri. Objek penelitian adalah keterampilan menulis karangan narasi berbahasa Jawa. Desain penelitian menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan selama 2 siklus tindakan. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran menulis karangan narasi berbahasa Jawa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi menulis terbimbing dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasi berbahasa Jawa siswa kelas III SD Negeri Beji. Peningkatan proses terlihat dari siswa lebih semangat, dan aktif berinteraksi dengan sesama siswa dan guru selama mengikuti kegiatan pembelajaran menulis karangan narasi berbahasa Jawa. Terdapat peningkatan persentase ketuntasan nilai siswa sebesar 54,81% dari kondisi awal adalah 26,67% meningkat menjadi 56,25% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,48% pada siklus II. Kata kunci: menulis karangan narasi, bahasa Jawa, strategi menulis terbimbing, siswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:15
Last Modified: 30 Jan 2019 10:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37925

Actions (login required)

View Item View Item