HUBUNGAN RESPON SISWA TERHADAP TUGAS YANGDITERIMA DENGAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 2 KECAMATAN PENGASIH

Gema Adilia, Eranti (2016) HUBUNGAN RESPON SISWA TERHADAP TUGAS YANGDITERIMA DENGAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 2 KECAMATAN PENGASIH. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Eranti Gema Adilia.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan respon siswa terhadap tugas yang diterima dengan kemampuan memecahkan soal matematika kelas IV Sekolah Dasar se-Gugus 2 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan variabel yang digunakan adalah variabel bebas (X) respon siswa terhadap tugas yang diterima dan variabel terikatnya (Y) kemampuan memecahkan soal matematika. Pengumpulan data metode respon siswa dengan angket, dan kemampuan memecahkan soal matematika dengan tes pilihan ganda. Uji validitas butir menggunakan rumus product momentsedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 183 siswa dengan sampel sebanyak 119 siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Tingkat respon siswa termasuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 32,8%, dan tingkat kemampuan siswa dalam memecahkan soal berada dalam kategori sedang sebesar 40,3%. Hasil uji hipotesis menunjukan terdapat hubungan antara respon siswa dengan kemampuan memecahkan soal matematika. Hal tersebut ditunjukan dengan persamaan regresi Y’= 8,806 + 0,827X, sedangkan koefisien determinan (R2) sebesar 0,092 yang berarti bahwa respon siswaberhubungan dengan kemampuan memecahkan soal matematika sebesar 9.2%. Kata kunci : respon siswa, tugas, kemampuan memecahkan soal matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 10:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37921

Actions (login required)

View Item View Item