DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI CONGKRANG 1 MUNTILAN MAGELANG

Galeh Prasetyawan, Dwi (2016) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI CONGKRANG 1 MUNTILAN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Dwi galeh prasetyawan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada pembelajaran matematika terdapat siswa kelas IV mengalami kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, yang dialami siswa kelas IV SD Negeri Congkrang 1. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas IV SD Negeri Congkrang 1 yang berkesulitan belajar matematika, guru kelas dan juga wali murid. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini mengunakan Interactive Analysis Model. Dalam memperoleh keabsahan data peneliti melakukan uji credibility dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkesulitan belajar, pada pokok bahsan bilangan bulat, bilangan pecahan dan bangun ruang sederhana. Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika yaitu kesulitan memahami penjelasan dan maksud soal, kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam memahami simbol dan kesulitan dalam perhitungan. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal diantaranya, kecerdasan rendah, sikap kurang memperhatikan pembelajaran, minat belajar rendah, dan motivasi belajar rendah. Faktor eksternal diantaranya kurangnya perhatian orang tua, suasana belajar di rumah kurang kondusif, kondisi lingkungan, pengaruh media massa, penyajian materi pembelajaran kurang menarik, metode pembelajaran kurang bervariasi, jarangnya media pembelajaran digunakan, dan saran pembelajaran belum lengkap. Rekomendasi pemecahan masalah pada siswa berkesulitan belajar matematika yang berasal dari dalam diri siswa dilakukan dengan menciptakan conditional, kesulitan yang berasal dari sistem pembelajaran dan metode belajar dilakukan dengan melakukan melakukan remedial teaching dan mengunakan metode yang bervariatif sedangkan kesulitan yang berasal dari luar diri siswa perlu dilakukan seperti melengkapi sarana dan prasarana.Kata Kunci: diagnosis kesulitan belajar, matematika, siswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jul 2016 06:57
Last Modified: 30 Jan 2019 10:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37919

Actions (login required)

View Item View Item