Model Permainan Aktivitas Jasmani yang Terintegrasi Bagi Siswa Taman Kanak-kanak

Andriyani, Fitria Dwi (2011) Model Permainan Aktivitas Jasmani yang Terintegrasi Bagi Siswa Taman Kanak-kanak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitria-dwi-andriyani-09711251009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model-model permainan bagi siswa TK yang mengintegrasikan ranah kognitif, afektif, perseptual motor dan psikomotor yang layak digunakan. Permainan-permainan yang dikembangkan diharapkan untuk digunakan guru TK sebagai salah satu bentuk pembelajaran terintegrasi yang baik dan efektif melalui aktivitas bermain yang menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Borg & Gall (1983: 775) sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draf model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas B dari TK Pedagogia FIP UNY yang berjumlah 24 anak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas B dari TK ABA Karanganyar Mergangsan Yogyakarta yang berjumlah 44 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi permainan, (4) pedoman observasi keefektifan permainan, dan (5) pedoman observasi terhadap guru pelaku uji coba. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu berupa buku panduan permainan aktivitas jasmani yang terintegrasi bagi siswa taman kanak-kanak, yang berisikan tujuh model permainan, yaitu: (1) permainan puzzle wajah, (2) permainan memasangkan, (3) permainan mengelompokkan, (4) permainan melempar bola, (5) permainan mencari, (6) permainan meniru pola, dan (7) permainan mencari warna dan angka. Dari hasil penilaian para ahli materi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan yang disusun sangat baik dan efektif dalam mentransfer tujuan ranah kognitif, afektif, perseptual motor, dan psikomotor yang ingin dicapai dalam tiap permainan, sehingga model permainan layak digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model permainan, aktivitas jasmani, Taman Kanak-kanak
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:54
Last Modified: 28 Jul 2016 04:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37915

Actions (login required)

View Item View Item