LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 Bener, Tegalrejo, Yogyakarta

Valeria Kartikaningtyas, Valeria Kartikaningtyas (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 Bener, Tegalrejo, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL VALERIA KARTIKANINGTYAS_11313244007_Pend. Matematika Inter_FMIPA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya PPL dilaksanakan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu usaha dalam peningkatakan efisiensi, efektifitas, dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran. Kegiatan ini wajib ditempuh mahasiswa jurusan kependidikan UNY dalam rangka untuk memberikan pengalaman belajar berupa pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pegembangan kompetensi, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan pemecahan masalah. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan selama dua setengah bulan, yaitu sejak tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014 di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Kegiatn yang telah dilaksanakan selama PPL meliputi observasi pembelajaran di salah satu kelas yang akan dijadikan sebagai tempat praktik mengajar serta pembuatan perangkat pembelajaran, yaitu membuat analisis hari efektif, program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran, kisi-kisi dan soal ulangan harian, daftar hadir siswa, daftar penilaian, dan analisis nilai ulangan harian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 11 Juli sampai dengan 6 September 2014 dengan jumlah jam mengajar sebanyak 66 jam. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target minimal mengajar, yaitu 10 kali pertemuan. Saran untuk keberhasilan PPL ke depan adalah adanya peningkatan kerja sama yang baik antara pihak universitas, sekolah dan mahasiswa agar tidak terjadi miss komunikasi dalam pelaksanaan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 2 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37913

Actions (login required)

View Item View Item