LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 1 Juli s/d 17 September 2014

Setyo Dwi Nugroho, Setyo Dwi Nugroho (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 1 Juli s/d 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL SETYO DWI NUGROHO_11401241021_PKn_FIS .pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), telah dilaksanakan di SMA Negeri 2 Yogyakarta selam dua setengah bulan dari tanggal 1 Juli – 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan suatu bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk praktik ketrampilan mengajar yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta prodi kependidikan dengan cara memberikan pengalaman pengetahuan kepada mahasiswa di luar kampus yakni pengalaman mengajar, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu RPP, media pembelajran dan evaluasi. Serta penyusunan administrasi pembelajaran yaitu program tahunan, program semester dan analisis hari efektif. Kegiatan praktik ketrampilan mengajar mulai tanggal 8 Agustus – 12 September 2014 dengan jumlah jam 36 jam pelajaran. Program PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi minimal 256 jam yaitu melebihi batas target sebanyak 269 jam dimulai dari observasi sampai penyusunan laporan PPL. Praktikan telah melakukan praktik lebih dari 8 kali pertemuan yang telah ditetapkan oleh LPPMP yaitu sebanyak 18 kali pertemuan, dengan mengajar sebanyak 3 kelas XI. Kegiatan PPL telah terlaksana dengan baik dan bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk menetapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai bidang studinya masing-masing sehingga mahasiswa memiliki pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga kependidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:32
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37905

Actions (login required)

View Item View Item