Pengembangan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Tema Tekanan Zat Cair Kelas VIII SMP

Esmiyati, Esmiyati (2016) Pengembangan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Tema Tekanan Zat Cair Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-esmiyati-14708251059.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen penilaian portofolio yang layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA berbasis masalah, (2) mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 1 Piyungan pada tema tekanan zat cair, dan (3) mengetahui kepraktisan penilaian portofolio yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan Research & Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang disesuaikan dengan langkah pengembangan instrumen penilaian nontes. Desain uji coba meliputi uji coba terbatas dan uji coba lapangan operasional. Subjek uji coba produk adalah peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Piyungan. Subjek uji coba terbatas sebanyak 11 peserta didik dan subjek uji coba operasional sebanyak 34 peserta didik. Teknik pengambilan data meliputi wawancara, angket, dan observasi. Instrumen pengambilan data meliputi: (1) pedoman wawancara untuk analisis permasalahan dan kebutuhan terhadap produk; (2) lembar angket yang terdiri dari lembar angket validasi dan respon guru, lembar validasi digunakan untuk mengetahui validitas instrumen dan lembar angket respon guru untuk mengetahui kepraktisan instrumen; dan (3) instrumen penilaian portofolio berupa lembar observasi untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik. Data yang dianalisis merupakan data kuantitatif. Validitas instrumen penilaian dianalisis dengan formula V’aikens. Reliabilitas instrumen penilaian dianalisis dengan bantuan program SPSS dan menggunakan teknik ICC (Interclass Correlation Coefficient). Hasil penelitian ini yaitu (1) instrumen penilaian portofolio yang dihasilkan layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA berbasis masalah. Berdasarkan penilaian ahli dan praktisi diperoleh koefisien V’aiken dengan kategori valid. Reliabilitas inter- rater diperoleh kategori sangat baik. (2) Hasil pengukuran keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP N 1 Piyungan yaitu hasil keterampilan menyimpulkan termasuk kategori rendah, memberikan penjelasan sederhana termasuk kategori tinggi, menggeneralisasi termasuk kategori tinggi, memberikan penjelasan lanjut termasuk kategori tinggi, dan melakukan langkah strategis termasuk kategori sangat tinggi. (3) Kepraktisan instrumen termasuk pada kategori sangat baik

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian portofolio, problem based learning, keterampilan berpikir kritis, tekanan zat cair
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:23
Last Modified: 09 May 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37899

Actions (login required)

View Item View Item